Penyalur Operator Cetak, Kursus Operator Cetak Offset dan Web & Konsultan Cetak

Nama-nama dan Kegunaan Kertas di Industri Percetakan

Setelah pada artikel sebelumnya kita mengenal kertas berdasarkan sifat-sifat serta jenis-jenis kertas, maka pada artikel kali ini kami akan mencoba memperkenalkan nama-nama kertas yang bisa kita jumpai di pasaran, terutama di toko-toko yang menjual bahan-bahan untuk keperluan percetakan. Tak ketinggalan pula kami pun akan memberikan sedikit gambaran tentang kegunaan kertas tersebut terkait dengan barang cetak apakah yang akan dihasilkan.

Berikut nama-nama kertas dan kegunaannya..

Akasia

Kertas Akasia mempunyai permukaan dengan tekstur/serat bergaris diagonal seperti kain. Di pasaran kertas ini dapat dijumpai dalam berbagai pilihan warna.

Kertas Akasia

Kertas Akasia Biasa Digunakan Untuk Keperluan Cetak Undangan, dll.

Kertas Akasia biasa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kartu undangan pernikahan, khitanan, sertifikat, piagam penghargaan, dsb.

Art Paper

Dikenal pula dengan nama lain kertas kenstrook (kunsdruk) kertas. Kertasnya berwarna putih agak mengkilat pada kedua sisinya dan permukaannya licin. Kertas jenis ini kurang cocok digunakan untuk keperluan tulis menulis karena sifat permukaannya tadi, sehingga daya serapnya lebih lambat yang mengakibatkan tinta pena yang dituliskan di atasnya lambat mengering.

Art Paper (AP) biasa dijumpai mulai dari lembaran yang tipis hingga yang tebal, dengan gramasi yang umum dijumpai adalah 100 gram, 120 gram, 150 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310, 360 dan 400 gram. Setelah dilakukan pekerjaan cetak di atasnya, kertas yang asalnya berwarna putih ini bisa berubah warna sama sekali akibat tinta cetak, bisa berwarna merah, hitam, biru, dan sebagainya tergantung keperluan.

Art Paper / Matt Paper

Art Paper/Matt Paper Untuk Percetakan Majalah, dll.

Kertas jenis ini banyak digunakan untuk mencetak kalender dinding, kalender meja, majalah, brosur, jilid buku, kartu undangan pernikahan, kartu undangan khitanan, tas jinjing atau handbag, label gantung atau hangtag, dan sebagainya.

Art Carton

Art Carton adalah Art Paper juga, yang membuat beda pada penyebutan namanya adalah pada gramasinya. Untuk kertas-kertas tipis dengan gramasi 100 gram, 120 gram, dan 150 gram sebagian orang menyebutkanya dengan Art Paper, sedangkan untuk yang lebih tebal seperti 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310, 360 dan 400 gram mereka menamakannya dengan Art Carton.

Aster

Kertas ini mempunyai permukaan dengan tekstur yang halus namun tidak mengkilat. Di pasaran kertas ini dapat dijumpai dalam berbagai pilihan warna.

Kertas Aster bisa digunakan sebagai bahan untuk keperluan pencetakan kartu-kartu undangan pernikahan, khitanan, seminar, dan kartu-kartu promosi.

BC (Brief Card)

Kertas BC (baca: Bese) yang biasa juga disebut dengan kertas manila mempunyai ciri-ciri seperti kertas karton tetapi mempunyai permukaan yang jauh lebih bersih dan lebih halus, dan seperti kertas-kertas lain yang mempunyai kualitas berbeda, maka pada kertas BC juga ada perbedaan kualitas, seperti BC Pindo lebih halus dan bersih jika dibandingkan dengan BC BJ (BC Banjaran). Warna kertasnya terdiri dari berbagai warna, seperti warna biru tua, biru muda, kuning, merah, hijau, ungu, pink dan putih.

Kertas BC Pindo

Kertas BC Pindo Untuk Kartu Pemeriksaan, dsb.

Kertas BC sering digunakan untuk keperluan mencetak kartu-kartu undangan dengan harga murah meriah, sebagai bahan cetak kartu berobat/periksa, kartu rekam medis, kartu KB, dan sebagainya, sehingga banyak dijumpai di rumah sakit-rumah sakit, klinik-klinik dokter dan klinik bidan, dan juga umum digunakan untuk mencetak kartu-kartu iuran (SPP) bulanan anak sekolah atau pengajian, kartu paket lebaran, buku gambar, dll.

Buffalo

Mempunyai ciri agak kasar dan bercorak seperti ranting-ranting pohon kecil yang berserakan. kertas ini dapat dijumpai dalam banyak pilihan warna, seperti ungu, merah, putih, pink/jingga, oranye, hijau daun, hijau tua, hijau muda, biru tua/biru dongker, biru muda, biru benhur, dan kuning.

Kertas Buffalo

Kertas Buffalo Yang Biasa Dipakai Untuk Map, dsb.

Kertas buffalo banyak dipakai untuk keperluan menjilid (cover), seperti jilid kliping untuk tugas sekolah, diktat kuliah, map untuk menyimpan surat-surat penting, map akta kelahiran, dll. Terkadang digunakan juga sebagai bahan untuk pembuatan kartu undangan, kartu iuran, dsb.

Chip Board / Hard Board / Yellow Board / Karton Gembus

Cirinya memiliki ketebalan seperti kardus. Berguna untuk membuat kesan tebal pada sebuah undangan yang biasanya dilapisi kembali dengan bahan-bahan fancy paper seperti : Aquerello, Concorde, Dahlia, Dunhill paper, Hammer, Jasmine, Tulip, dsb.

Kertas Chip Board / Hard Board / Yellow Board / Karton Gembus ini biasanya digunakan untuk keperluan membuat kartu undangan berjilid tebal (hard cover).

Concorde

Kertas Concorde mempunyai teksture/serat bergaris-garis horizontal, dan tersedia dengan berbagai pilihan warna. Kertas ini di pasaran bisa ditemukan dalam lembaran yang tebal serta lembaran tipis.

Concorde umumnya digunakan untuk pembuatan sertifikat, piagam penghargaan, serta kartu undangan pernikahan dan khitanan.

Doorslaag

Kertas ini sepintas terlihat seperti kertas HVS berwarna dan sering dijumpai dijual pula dalam 1 rim ukuran folio dengan berbagai warna, namun kertas ini sangat tipis hingga terlihat agak transparan atau tembus pandang.

Kerta Doorslag umumnya digunakan sebagai kertas rangkap pada nota/bon/faktur non-carbonis yang memerlukan kertas karbon terpisah untuk membuat salinan tulisan. Seiring waktu, kertas ini sudah jarang  dipakai lagi karena mulai tergantikan oleh kertas NCR/Carbonless Paper.

Duplex (Dupleks)

Bahan duplex ini cirinya adalah salah satu sisinya (depan) berwarna putih, dan sisi lainnya (belakang) berwarna abu-abu kusam (buram). Jadi bilamana akan dilakukan pencetakan, maka pencetakan biasanya akan dilakukan pada permukaan yang berwarna putihnya saja (satu sisi).

Kertas Duplex (Dupleks)

Penggunaan Kertas Duplex Untuk Kotak Makanan, dll.

Kertas duplek banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat kotak-kotak (box) makanan, dus obat-obatan, serta untuk berbagai kemasan produk lainnya. Selain itu kertas dupleks ini biasa digunakan sebagai bahan cetak pembuatan poster, seperti poster kalender (kalender 1 lembar dengan bahan agak tebal), poster gambar, poster gambar pahlawan nasional, gambar presiden dan wakil presiden, rumus-rumus matematika, mengenal huruf-huruf hijaiyah, mengenal nama-nama binatang, dan sebagainya yang bisa dijumpai berada di ruangan kelas TK, SD, SMP, SMA, dan sebagainya.

HVS (Houtvrij Sschrijfpapier)

HVS mungkin nama kertas yang paling sering kita jumpai dan banyak dijual di toko-toko buku dan alat tulis kantor (ATK). Ciri-ciri kertasnya sedikit kasar dan tidak mengkilap, serta mempunyai daya serap yang kuat. HVS sering dijumpai dalam beragam warna, seperti warna putih, hijau, kuning, biru, dan merah.

Kertas HVS

Surat Keterangan dan Resep Yang Terbuat dari Kertas HVS, dsb.

HVS sering digunakan untuk keperluan mencetak amplop, kop surat, brosur, resep dokter, nota/bon/faktur/surat jalan, buletin, buku, dan majalah. Umum digunakan juga untuk keperluan fotocopy, cetak rumahan dan kantoran dengan menggunakan printer biasa untuk menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaan.

HVS selain dalam lembaran plano berukuran besar, sering dijumpai juga dijual dalam ukuran A4 dan F4 (folio), dengan gramasi mulai dari 58 gram, 60 gram, 70 gram, 80 gram dan 100 gram.

Ivory

Kertas Ivory hampir serupa dengan Art Paper dengan kedua sisinya yang juga berwarna putih. Hanya saja yang membedakannya dengan Art paper adalah Ivory hanya memiliki satu sisi yang licin, sedangkan Art paper licin dikedua sisinya.

Bahan ini banyak digunakan untuk kotak pengemas kosmetik, kartu nama, sertifikat, dan kartu undangan. Gramasi yang umum digunakan 210 gram, 230 gram, 250 gram, 300 gram, dan 350 gram.

Jasmine

Kertas Jasmine yang dapat dijumpai dalam berbagai pilihan warna dan mempunyai permukaan dengan ragam corak yang mengkilat biasa disebut juga dengan Kertas Wangi karena kertas ini memang mempunyai wangi harum yang mungkin seperti wanginya bunga Melati/Jasmine.  Namun ada juga yang bilang bahwa kertas Orin juga biasa disebut dengan kertas Wangi, bahkan katanya lebih wangi daripada kertas Jasmine.

Kertas Jasmine di era tahun 1990-an banyak digunakan sebagai bahan kartu undangan khitanan dan kartu undangan pernikahan yang dijual jadi di toko-toko buku dan alat tulis kantor (ATK). Hingga sekarang pun kertas ini masih digunakan untuk keperluan tersebut, juga keperluan cetak lain seperti sertifikat, dsb., hanya saja penggunaannya tidak sebanyak di era tahun 90-an.

Kertas Tik

Kertas ini permukaannya halus dan tidak mengkilat seperti kertas BC. Warna kertasnya hanya satu yakni warna putih, dan lebih tebal dari BC.

Penggunaan kertas Tik bisa dijumpai pada kartu nama, sertifikat, dan piagam penghargaan, serta kartu-kartu undangan khitanan dan perkawinan.

NCR / Carbonless Paper

Kertas NCR mirip seperti kertas HVS, mempunyai beragam warna juga seperti warna putih, merah, kuning, biru, dan hijau. Kertas ini di pasaran dapat dijumpai dijual dengan ukuran F4  (folio). Ciri utamanya adalah jika kita menuliskan sesuatu pada kertas warna putihnya (paling atas), maka tulisan tersebut akan tembus ke kertas yang berada di bawahnya karena kertasnya telah mengandung karbon.

Kertas NCR

Kertas NCR Yang Digunakan Untuk Pembuatan Formulir, dll.

NCR di percetakan sering digunakan sebagai bahan untuk membuat nota/bon/faktur rangkap 2 atau rangkap 3, juga sering dipakai pada transkip nilai kuliah di perguruan tinggi, atau form pendaftaran, kertas transaksi di bank, arsip-arsip perusahaan dan lain-lain. Untuk cetakan rangkap tiga biasanya menggunakan NCR Top pada lapisan pertama (atas) yang berwarna putih, NCR Middle untuk lapisan bagian tengah, dan NCR Bottom untuk lapisan paling bawah. Sementara untuk cetakan rangkap dua maka cukup menggunakan Top dan Bottom, tanpa Middle. Top, Middle, dan Bottom mempunyai warna seperti tersebut di atas kecuali warna putih.

Samson

Kertas Samson warnanya coklat muda dengan permukaan agak kasar seperti halnya kertas semen. Warna coklat mudanya tidak serupa, tergantung dari produsen pembuat, serta kualitas kertasnya.

Kertas Samson

Kertas Samson Bisa Dipakai Untuk Jilid Depan Nota, Resep Dokter, dsb.

Kertas Samson sering digunakan sebagai kertas pembungkus barang-barang cetakan. Sering juga dipakai sebagai jilid bon atau nota bagian depan, serta digunakan sebagai bahan pembuat amplop paket pos. Namun tak jarang pula karena kesannya yang klasik, maka bahan ini digunakan pula untuk pembuatan kantong kertas atau paperbag di pertokoan atau super market, biasa dipakai untuk bahan label gantung atau hangtag pada pakaian, bahkan untuk kartu undangan.

Sticker Cromo

Sticker Cromo mempunyai permukaan mengkilat berwarna putih seperti Glossy Paper pada satu sisinya, dan seperti halnya bahan sticker, di sisi lainnya mempunyai lapisan kertas berwarna kuning sebagai bahan untuk melindungi bahan perekatnya sebelum kedua bahan tersebut akhirnya akan dipisahkan pada saat penggunaan.

Bahan Sticker Cromo banyak digunakan untuk keperluan etiket produk yang terpasang pada dus-dus kemasan maupun untuk keperluan sticker lainnya, dan bisa dicetak menggunakan mesin cetak offset maupun printer rumahan.

Sticker HVS

Bahan ini ciri-ciri dan kegunaannya sama dengan seperti Sticker Cromo, kecuali permukaannya yang tidak mengkilat seperti halnya kertas HVS lainnya.

Dan berbagai kertas lainnya

Selain nama-nama kertas tersebut di atas, masih banyak nama-nama kertas lain yang biasa digunakan di industri percetakan, seperti kertas Linen, Diamond, Hammer, dsb. yang tidak cukup untuk disebutkan semuanya di sini. .

Cepi Nugraha

Praktisi usaha percetakan (anak bawang tepatnya), pembelajar dunia grafika, pemilik dan pengelola berbagai situs web, diantaranya bertemakan percetakan/grafika.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle Plus

Artikel Grafika Terkait
  1. Mengenal Kertas Cetak Bag. 1
  2. Kertas Karton Packaging Retak dan Pecah
  3. Mengenal Kertas Cetak Bag. 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>